Cara Membuat Program Komputer sederhana - informatika tik

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 30 Juli 2015

Cara Membuat Program Komputer sederhana

Cara Mudah untuk Membuat Aplikasi Komputer

Cara Membuat Program Komputer sederhana

Buat anda yang berminat untuk membuat program komputer bisa dimulai dengan membuat program komputer sederhana Namun sebelum itu anda harus memilih bahasa program komputer. Biasanya kebanyakan programmer pemula menggunakan bahasa visual basic yang sudah terinstall di ms. Office. Disana juga tersedia menu help yang akan membimbing kita saat mengalami kesulitan.

Membuat program komputer sendiri

Jika anda sudah terbiasa membuat program komputer sedehana, anda bisa berlatih membuat program komputer sendiri Khusus anda penggemar internet dan berminat untuk merancang website sendiri, anda bisa membuat program komputer berbasis web dengan bahasa php. Hasilnya web anda akan terlihat beda dan lebih powerfull. Tentu saja ketrampilan programmer anda bisa membantu teman-teman yang membutuhkan jasa program komputer. Misalnya membuat website sekolah, merancang website koperasi dan sebagainya.

Membuat program komputer berdasarkan algoritma

Jika kita teliti lebih lanjut, apapun program komputer yang kita buat haruslah memiliki pola alur algoritma yang benar. Ibarat sebuah tulisan, sebelum tulisan tersebut jadi perlu dibuat konsep lebih dahulu. Jadi bagi anda programmer perlu membisakan diri membuat program komputer berdasarkan algoritma. Hal ini berguna jika anda belum sempat menyelesaikan program komputer ini, bisa dilanjutkan ke programmer lain dengan hanya melihat konsep algoritma yang sudah anda buat.

Sebenarnya cara membuat program komputer sekarang ini sangatlah mudah karena adanya bantuan software yang bisa kita download dan gunakan. Anda bisa juga mencari informasi mengenai cara membuat program komputer sebelum melakukannya.
Cari informasi juga mengenai software yang kompetibel yang bisa anda gunakan untuk membuat program komputer tersebut.
Anda menggunakan macromedia untuk membuat game buatan anda sendiri tapi ini hanya membuat game dengan software yang sudah ada. Tapi program komputer sendiri adalah membutuhkan instruksi berupa kode-kode yang digunakan dengan bahasa pemrograman bukan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada untuk membuat aplikasi. Untuk mendalami hal tersebut anda haru belajar dengan sungguh-sungguh karena dalam membuat program komputer dibutuhkan ketelitian yang sangat dan juga kesabaran yang banyak.
Dan dalam cara membuat program komputer secara umum memiliki struktur dasar yang sangat diperlukan sebuah program tersebut yakni
-          Pertama adalah deklarasi variabel yang akan digunakan
-          Lalu modul input
-          Proses pengolahan data
-          Dan modul output
Pahami terlebih dahulu ke empat struktur dasar tersebut, setelahnya adalah saatnya merancang program yang ingin dibuat. Coba anda cari informasi mengenai cara membuat program komputer dalam buku untuk memudahkan anda memahaminya. Dan siapkan niat yang kuat jika anda sudah siap untuk membuat, cobalah dengan membuat program sederhana dengan beberapa kode yang tidak rumit namun untuk selanjutnya anda bisa mengembangakan program tersebut lebih baik lagi. Hal ini juga akan membuat kita untuk belajar bukan hanya menggunakan program yang sudah ada.
Artikel lain yang layak anda lihat seperti cara melihat spesifikasi komputer

 

Saat baru pertama mau membeli komputer, pastinya kita perlu tahu spesifikasi komputer, apa yang cocok dengan kebutuhan kita misalnya HDD harus 1 Tera, RAM 2 Mhz. Processor Core i7, Motherboard, VGA card dan lain sebagainya. Sebagai contoh anda seorang penggemar game maka anda harus tahu spesifikasi komputer yang pas untuk menjalankan game agar bisa cepat dan tidak mudah panas.
Apakah anda penasaran dengan spesifikasi sebuah komputer? Nah, sekarang anda bisa mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasi komputer. Mengetahui spesifikasi komputer memang sangat penting, sebab dengan anda mengetahui spesifikasi komputer maka anda bisa mengukur kinerja komputer yang seimbang sesuai dengan spesifikasinya.

Cara untuk melihat spesifikasi komputer adalah :

  1. Membuka/membongkar Casing komputer dan melihat secara langsung spesifikasi hardware yang digunakan. Cara ini tentunya sangat tidak efektif dan melelahkan.
  2. Run dxdiag. Yaitu dengan mengetikkan dxdiag pada jendela menu Run. Klik Start –> Run –> ketik dxdiag dan tekan OK. Maka akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool yang berisi spesifikasi Hardware dan System Operatingnya
  3. Melalui Device Manager pada properties masing-masing device lewat Control Panel atau Explorer
Sedangkan cara untuk melihat spesifikasi dan kinerja dari CPU, anda bisa menggunakan bantuan software CPUz Diagnostic Tool. Yaitu bisa anda lakukan dengan :
  1. Klik start, pilih Run atau bisa tekan tombol Windows+R.
    2. Ketik “dixdag” (tanpa tanda petik) Enter.
  2. Kemudian akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool.
Maka akan muncul kotak jendela dimana anda bisa melihat semua informasi baik software maupun hardware.
Demikian adalah cara melihat spesifikasi dari sebuah komputer. Semoga bisa membantu memudahkan pekerjaan anda agar bisa menyesuaikan kerja komputer dengan spesifikasinya

1 komentar:

Post Top Ad

Responsive Ads Here